-->

Plat Embos-Matras Embos

 

Plat Embos

Plat embos pada umumnya adalah plat batangan atau juga di sebut plat yang berbentuk lempengan. Plat yang kita dengar selama ini adalah plat seng, besi namun plat yang digunakan untuk membuat plat embos ada bebrapa jenis pada umumnya, ada plat embos yang menggnakan bahan obat-obatan yang bentuknya hampir mirip dengan tupukan serbuk, kemudian plat embos yang menggunakan bahan alumunium, plat matras yang menggunakan bahan timah,dan plat embos menggunakan bahan kuningan. untuk mendapatkan hasil yang bagus maka plat embos ini harus bersanding dengan mesin embos.


Matras Embos juga sama dengan plat embos sama-sama plat yang di gunakan untuk memberikan motif hanya saja beda pengucapan, Plat Embos atau Matras embos fungsinya sama yaitu memberikan motif pada bahan kain kaos, kulit, spon, mika dan masih banyak lagi. Namun pada waktu penggunaan plat embos ini kita harus tahu apa yang akan kita beri motif karna plat akan mempengaruhi hasil dari embosan kita.


Bagaimana Menggunakan Plat embos Agar Hasil Bisa Maksimal?

Tips Untuk memberikan motif pada bahan yang akan kita embos hal pertama yang harus kita ketahui adalah

1.ketahui dahulu apa yang akan kita embos bahan spon, kulit, kaos atau bahan yang lain.

2.jika anda memiliki mesin embos jenis seperti apakah mesin embos yang anda gunakan karna mesin embos atau mesin hotprint akan sangat mempengaruhi hasil dari embosan pada bahan yang akan kita beri motif.

3tentukan bahan plat yang akan kita gunakan, dan minimal kedalaman plat embos grafir 3mm dan ketebalan plat bisa menggunakan 6-8mm tergantung bahan yang akan diembos motif

4. atur panas dan tekanan pada mesin embos, normalnya jika anda ingin mengembos bahan kulit untuk panas bisa anda atur antara 150-200 derajat ( bagi pemula harus sering mencoba karna jika anda sering mecoba akan tahu daya tekan, panas yang di butuhkan untuk hasil yang maksimal).


Plat embos bahan obat-obatan bahan plat embos ini sering digunakan oleh para pengusaha map raport dan sejenisnya karna plat jenis ini sudah cukup mampu memberikan hasil yang lumayan bagus, plat embos bahan obat-obatan ini biasa kami menyebutnya, harganya terbilang sangat murah berkisar antara 25.000 per keeping tergantung dari Panjang lebar logo yang akan anda buat.


namun ada sedikit kekurangan dalam pembuatan logo grafir jenis obat-obatan ini di antaranya proses pengerjaan plat embos bahan ini menggunakan gergaji atau manual yang memiliki kedalam grafir sekitar 1mm dan juga ketebalan plat berkisar 2mm akan mempengaruhi hasil pada embosan dan lebih khusus bagi anda yang baru memulai usaha di bidang embos apalagi jika anda menggunakan kertas foil. Mungkin akan mendapat sedikit masalah untuk menghasilkan embosan yang bagus.


Plat matras embos bahan alaumunium plat matras bahan alaumunium ini berbeda dari jenis plat embos sebelumnya, yaitu plat embos atau matras embos ini menggunakan bahan alumunium. Bahan matras alumunium ini sering digunakan oleh para pelaku usaha sandal, kaos dan pengarjin kulit untuk memberikan motif. Matras embos bahan alumunium ini memiliki ketebalan berkisar antara 6mm dan ketebalan matras sampai dengan 8mm.

Dalam proses pembuatan grafir matras embos dengan bahan alumunium ini sudah menggunakan mesin canggih ( CNC ) jadi hasil yang akan di peroleh jauh lebih detail, presisi dan halus di banding dengan proses pembuatan grafir matras embos dengan cara manual.



Plat embos bahan kuningan matras embos bahan jenis kuningan ini sangat sering digunakan khususnya bagi para pengrajin kulit. Matras embos kuningan ini sangat bagus untuk memberikan motif dengan hasil yang maksimal. Plat embos kuningan  memiliki ketebalan plat 6-8mm sama halnya dengan matras embos bahan alumunium. Bahan plat ini di proses menggunakan mesin (CNC) sehingga akan menghasilkan grafir yang presisi, halus, dan sesuai design yang di inginkan.


Embos debos digunakan untuk memberikan motif nama atau logo timbul pada kaos, embos debos ini menggunakan 2 plat yaitu atas bawah atau laki perempuan, plat embos kaos ini menggunakan bahan alumunium dan pengerjaan menggunakan mesin cnc. Sedangkan kedalaman grafir sampai 3mm sangat cukup untuk menghasilkan logo atau nama timbul pada kaos.

 Apakah plat embos debos bisa di gunakan untuk embos  bahan switer?

Tidak karna maras ini di khususkan untuk kaos karna serat kaos atau rajutan kain kaos lebih rapat sehingga waktu proses pengembosan cairan silicon tidak tembus.


Kelebihan matras embos atau plat embos bahan kuningan, alumunium dan obat-obatan.

kelebihan matras embos berbahan kuningan yaitu bahan sangat cepat panas, awet dalam jangka waktu yang lama hasil pengerjaan sangat bagus atau tajam,


untuk kelebihan matras embos bahan alumunium panas lumayan cepat, harga lumayan murah bahan enteng namun tidak cukup tahan lama jika digunakan untuk mengembos bahan kulit karna jika sering dipakai bahan akan cepat aus. Berbeda dengan jika di gunakan untuk bahan spon akan lebih awet jika menggunakan bahan alumunium.


Sedangkan kelebihan matras embos bahan obat-obatan terletak pada harga yang sangat murah, bahan tipis dan hasil embosan kurang memuaskan.


Itulah beberapa manfaat atau informasi untuk anda tentang plat embos atau matras embos, jika anda berminat untuk membuka usaha sandal, konsultasi atau ingin membuat matras embos, plat embos bisa hubungi kami di whatapps yang sudah tersedia  juga bisa kunnungi webstie kami di www.mesinsandal.eu.org sekian dari kami semoga artikel yang kami sajikan bisa mebantu anda SALAM SUKSES JAYA MULIA.

LihatTutupKomentar